Kamis, 06 Desember 2012

LANAL PALEMBANG IKUT SERTA DALAM GLADI / EXERCISE ISPS CODE 2012 PERTAMINA



Pertamina Region II dan Pertamina Trans Continental (PTC) mengadakan Exercise International Ship and Port Facility Security (ISPS)  Code di Gedung Ogan Pertamina RU III Plaju pada hari kamis (6/12/2012).  ISPS code merupakan peraturan internasional tentang keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan.  Sesuai aturan ISPS Code plat B chapter 18 point 16, bahwa seluruh fasilitas pelabuhan yang melayani kapal-kapal internasional maupun kapal lokal , harus melaksanakan pelatihan, sosialisasi serta gladi tiap tahunnya. Menurut  Jajad Sudarajat Tenaga ahli ISPS Code Pertamina Jakarta Pusat, bahwa dengan adanya gladi ini untuk menghindari adanya penilaian negatif terhadap pelaksanaan ISPS Code di Indonesia, yang dapat berakibat pelabuhan Indonesia dapat di Justifikasi sebagai black area. Kondisi ini tentu merugikan aktifitas perdagangan dan perekonomian khususnya yang melalui pelabuhan tersebut.
Komandan Lanal Palembang Letkol Laut (P) I. G Merta Yasa, S.Sos merespon dengan baik kegiatan ISPS Code yang diadakan oleh Pertamina region II Plaju Palembang dengan mengirimkan Sejumlah Perwira dan Anggota Lanal Palembang untuk mengikuti kegiatan tersebut. Komandan Lanal Palembang Juga menyampaikan Bahwa dengan gladi ISPS Code 2012 akan menambah wawasan terhadap tindak kejahatan diwilayah pelabuhan dan prosedur penanganannya.
Dalam Kegiatan gladi ISPS Code ini diikuti oleh berbagai instansi terkait antara lain Lanal Palembang, Anggota Security ISPS Code, Koordinator Marine Region II, Polri, PKT Plaju, KPLP Ditjen Hubla, dan Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan Palembang. (Pen.Lanal Palembang) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar